Holiday Barenk Si Item

Surabaya, mungkin di dalam pikiran egois gw itu Surabaya adalah subuah kota yang besar, puanas, macet, kotor, bau, tapi nggak semua yang lu denger itu bener. Itu yang gw alamin waktu gw ke Surabaya baru-baru ini, bisa dikatakan kalau itu adalah sebuah liburan yang singkat tapi sangat berkesan. Berawal dari nemenin bokap ke Surabaya, berangkat dengan ujan deras yang becek dan nggak ada ojek, ampe yang ampir kena cium truk. Itu semua adalah pengalaman liburan gw dengan di temanin sobat nya cinta laura (hujan).

Sesampainya di Surabaya, gw di hadapkan pada pengalaman pahit dan menjijikan. Yuhui…gw makan di depan tong sampah. Nggak sekalian aja makan di depannya TPA nya, kejadian itu pas gw makan di pinggir jalan. Satu hari gw di Surabaya, gw hanya bisa gulang guling, maju mundur, merem melek, nungging sana nungging sini, intinya kayak orang strees. Bokap gw kerja dan gw di tinggal kayak sampah yang tinggal nunggu di angkut ke dalam truk sampah di kontrakan bokap gw. Mau keluar nggak tahu jalan dan mau naik angkot nggak tahu jurusannya.

Tapi hari berikutnya gw nggak mau jadi sampah again. Gw mutusin jalan-jalan dengan anggie. Kita janjian ketemu di stasiun gebang eh maksud nya stasiun gubeng. Dengan modal nekat akhirnya gw memutuskan Tanya ke penjual makanan tentang angkot mana yang meuju ke gubeng.

“ permisi mas”

“ silahkan, mau pesan apa?” dengan murah senyum tuh orang menawarkan jasa makanan ke gw.

“ owh…nggak mas, saya mau Tanya kalau angkot ke stasiun gubeng itu angkot yang mana ya mas kalau boleh saya tahu?”

“ ……..” dengan tatapan tajam ke arah gw, tuh orang diem sejenak. “ owh…ke stasiun gubeng ya, naik angkot dari depan aja mas. Terus turun di jembatan merah.”

“ jembatan merah? Bukannya itu nama judul pilem? ‘si manis dari jembatan merah’?” dengan tampang idiot gw mencoba guyon dengan tuh abang tukang nasi.

Dan akhirnya tuh abang tukang nasi bisa tersenyum juga.

“ itu seh si manis jembatan ancol mas” mungkin penjual nasi itu menjawab sambil berpikir ‘ nie orang idiot apa bodoh seh’.

Dan akhirnya gw ikutin semua saran si abang tukang nasi tadi. Di perjalanan penggusuran lapak-lapak yang mangkal di pinggir jalan sedang di laksanakan. Karena kata supir angkot kalau hari ini bapak presiden kita Susilo Bambang Yudoyono akan segera berkunjung ke Surabaya. Tapi yang gw liat pemandangan adu mulut antara pedagang dengan petugas. Terlepas dari pemandangan itu semua akhirnya gw bisa nyampe juga di stasiun gubeng dengan modal nekat.

Satu-satunya di pikiran gw adalah sudah waktu nya sms anggie.

“gie ak dah nyampe di stasiun gubeng neh. cepetan jemput ak...!!!” Dengan sms singkat dari gw ini di harapkan si item dari gua hantu itu datang dengan cepat.

Harapan gw pupus karena tuh anak datang ampir ada satu jam setelah gw sms dia dan gw sudah jamuran nunggu si item anggie.

“ sory..sory..lama. ak cari jalan muter. “tampang kayak perampok ulung dengan muka di tutup kain.

“gpp ko’ tenang aja.” Aslinya dalam hati gw “asemb lama banget seh km dateng nya, nggak tahu iah ak dah kayak gembel nunggu di depan stasiun”

Setelah cabut dari stasiun, kita memutuskan untuk ke kosannya anggie dulu. Tapi dalam perjalanan hal aneh muncul dalam pikiranQ.

“ wuih bau apaan ne nggie? Kamu belom mandi iah?”

“ apaan seh…hehe…ia ak belum mandi tapi nggak bau yo..!!!” suara BT en senyum-senyum ala kuda liar datang dari arah belakang gw. Padahal yang bau yang gw cium berasal dari tong sampah. Tapi ko tepat sasaran ia?.

“ owh…pantesan tadi muka nya kamu di tutupin.”

“hehehe….abisnya males banget mau mandi.”

Attention

DON’T TRY AT HOME

Setelah muter-muter cari jalan pulang karena gw sempet nyasar, akhirnya nyampe juga di kosannya si anggie. Gw hanya bisa duduk, minum air putih dengan 2 versi (dingin dan biasa). Setelah itu gw sama si anggie berencana jalan-jalan di berbagai mall. Setalah gw ngaso sebentar di kosannya, akhirnya gw berangkat juga ke DELTA mall (salah satu mall di Surabaya).

“ oh my god…kamu nggak mandi nggie?”

“ nggak akh, males ak yan. Tapi masih cantik kan? “ dengan narsis nya dia berkata seolah dia miss universe padahal miss flora dan fauna. Untuk siapaun yang membaca, sekali lagi jangan coba-coba berpergian ke mall tanpa mandi terlebih dahulu kalau nggak mau orang di sekitar anda muntah-muntah.

“ ia cantik, tapi kalau ak ngliat nya pas lagi tidur. Dah akh ayo berangkat.”

Dan akhirnya kita berangkat ke tempat tujuan. Dengan bermodalkan nekat dan sok tahunya ala anggie. Gw sempat di puter-puterin alias nyasar. Dengan gaya sok tahu nya dia menunjukkan jalan ala navigator handal. Tapi bukannya nyampai ke tempat tujuan dengan singkat. Gw malah kembali ke tempat yang sudah di lewatin sebelumnya. Pokonya tuh anak kalau udah bilang dengan semangat “ belok kiri an” lah itu gw baru bisa semangat mengemudikan sepeda motor. Tapi kalau dia bilang “ kayaknya belok kiri an” lah itu adalah sebuah omongan yang membuat gw lemah, letih, lesu. Karena pasti akhirnya kita bakal tersesat dan kembali ke tempat yang tadi sudah kita lewatin. Walaupun sempet nyasar-nyasar tapi ending nya sangat memuaskan.

“huff…..akhirnya gw bisa selamat sampai tujuan.” Dan si anggie hanya bisa senyam senyum kayak sebuah model pasta gigi. Dasar navigator gadungan…!!!!

Di mall gw sama anggie si navigator yang buat gw kayak supir ojek ini hanya jalan-jalan muter-muter nggak jelas. Pokoknya gw di sana berperan kayak orang ndeso yang baru pernah masuk mall. Idiot banget kan. Celingak celinguk nggak jelas mau jalan kemana. Uhui…. akhirnya ada kaos lucu bergambar tokoh idiot se idiot nya gw ( spongebobs) dan akhirnya gw beli juga tuh kaos. Karena perut sudah konser karena kelaparan akhirnya gw mencari makanan murah dan mengenyangkan. Dan akhirnya nemu juga kios makanan yang murah. Lalu dengan cepatnya gw langsung pesen ayam bakar. Dan setelah ayam bakar gw habis, akhirnya gw melihat kaum gw (kaum katrok dan ndeso) bertambah. Yuhui sehabis makan si anggie ternyata cuci tangan di kobokan dengan memakai daun kemangi padahal di tempat itu di sediakan watafel dan sabun.

HIDUP KAUM KATROK DAN NDESO ALA TUKUL

Setelah kenyang dan pusing mau kemana lagi gw memutuskan keluar dari delta mall.

“ pulang yuk nggie, kaki ak dah gede neh muter-muter mall.”

Setelah keluar dari mall gw sama anggie melihat hal aneh. Gila di tengah kota ada kapal selam nyasar. Berlagak orang ndeso dan katrok ala tukul arwana, gw hanya menatap tuh kapal selam sambil berpikir “apa di dalamnya ada telor nya iah?kayak makanan pempek palembang kapal selam yang ada telor nya di dalamnya”. Tapi keren, kita bisa masuk ke dalam kapal selam tersebut. Dan baru pertama kalinya gw masuk ke dalam kapal selam dan melihat benda yang gw kira itu kentongan dan ternyata itu sebuah torpedo. Dan ternyata lelur yang gw harapkan ada ternyata nggak ada sama sekali.

“ nggie itu kentongan ko ada di kapal selam iah?”

“kentongan?hahaha…bego kamu itu namanya bukan kentongan tapi pensil.” Wah penyataan orang idiotnya bertambah lagi.

Dengan kekaguman gw melihat torpedo yang gede nya orang dewasa itu, gimana cara ngangkat nya dan masukin ke kapal selamnya ya?. Puas dengan melihat-lihat dan photo-photo kayak pasangan kekasih, gw sama si anggie beranjak dari kapal selam nyasar atau orang Indonesia nya yang kuat-kuat memindahkan kapal selam yang gedenya ampir 50x lipat nya gajah itu.

Karena sudah waktunya gw balik ke kota tape alias jember. Dimana jam sudah menunjukkan waktu nya gw kembali ke habitatnya alias takut ketinggalan kereta. Si item navigator gadungan itu mengantarkan gw ke stasiun gubeng dan akhirnya gw kembali ke habitat gw di jember. Dan asem dan apesnya lagi, kereta yang gw naikin itu adalah tipe kereta ekonomi yang penuh dengan orang berteriak.

“yang dingin…yang dingin…aqua..aqua….tisu..tisu..” itu adalah kegiatan dan teriakan di dalam kereta ekonomi.

Dan apesnya lagi saat malam sudah datang. Anjrit gerbong gw mati lampu. Dengan perasaan BT, lemah dan meratapi nasib karena gw di hadapkan pada sepasang kekasih yang mesra-mesraan di depan gw. semprul banget tuh orang duduk di depan gw, bikin gw ngiri aja. Untung nya aja mereka hanya sebentar di depan gw dan turun di pertengahan jalan. Kalau nggak, udah gw laporin ke kantor polisi karena sudah menggangu kaum jomblo kayak gw. Nggak Cuma di situ aja keapesan gw di dalem kereta. Selagi meratapi dan merenung dalam keheningan dan kegelapan malam seorang masinis mengatakan.

“ karena ada longsor maka kereta akan berhenti di stasiun tanggul”

Padahal stasiun tanggul itu sudah deket dari stasiun jember dan nasib malang yang menimpa gw waktu itu membuat gw harus menunggu sambil melongo, ngupil dan garuk-garuk pantat selama 2 ½ jam. Mana perut udah kayak bedug di tabuh. LAPER………………………..!!!!!!!

Itu adalah liburan yang banyak pengalaman yang gw dapet.

1. Nggak semua ciuman itu enak karena nggak lucu kalau kita ampe di cium truk berjalan.

2. Emang bener kata cinta laura kalau ujan pasti becek dan nggak ada ojek.

3. Nggak semua orang yang bilang “ak tahu jalannya ko” nggak akan kesasar.

4. Nggak semua mantan bisa kita lupakan dan nggak bisa asik lagi buat di ajak jalan.

5. ternyata nggak semua yang lu liat dan denger itu bener.

6. Ternyata nggak semua liburan itu menyenangkan, karena pasti selalu ada keapesan buat gw.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

heh!!

masalah mandi ko dicantumin sih??


x(

Sponsors